Gelar Simulasi Penyelesaian Sengketa Cepat, Glendy Siapkan SDM Jajaran Guna Hadapi Sengketa

Melonguane – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Talaud dalam rangka menyiapkan SDM dalam Penyelesaian Sengketa Proses pada Tahapan Pemilu 2024, menggelar Simulasi Penanganan Penyelesaian Sengketa Cepat.

Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Glendy Dalope mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk menunjang kapasitas SDM dan kinerja Jajaran demi kelancaran Penanganan Penyelesaian jika terjadi Sengketa pada penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada pada 2024 mendatang.

“Panwascam harus memahami secara seksama teknis penyelesaian sengketa cepat pada Pemilu dan Pilkada agar kita benar-benar siap menghadapi tantangan dan dinamika dalam Pemilu dan Pilkada nanti,” kata Glendy

Glendy juga menambahkan Simulasi Penyelesaian Sengketa ini Sangat penting sebab penguasaan aspek penyelesaian sengketa wajib dipahami sebelum memasuki tahapan, Ia Juga berpesan kepada Panwascam agar benar-benar mengantisipasi munculnya potensi sengketa antar peserta Pemilu. Dan bila ada sengketa, maka Panwascam sesuai kewenangan yang dimiliki harus mampu menyelesaikannya.

Sebagai penutup, Glendy menegaskan agar panwascam harus selalu menjaga independensi, tunaikan tugas dan kewenangan dengan profesionalisme yang tinggi dan jaga nama baik.

Editor ; Dave Paputungan