BAWASLU TALAUD BICARA SOAL INTEGRITAS PENYELENGGARA

by
Dialog interaktif di studio RRI Talaud

Memilih pemimpin yang berintegritas. Pemilu yang berkualitas dimulai dari penyelenggara pemilu yang berintegritas.

Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Tevi C. Wawointana diundang RRI Talaud, berbicara dengan tema : Memilih Penyelengara yang Berintegritas. Menurutnya “Integritas Penyelenggara itu tidak bisa d tawar, Penyelenggara Pemilu yg berintegritas akan mendorong terciptanya pemilu yang Berintegritas pula”.

Turut hadir sebagai pembicara juga bapak Andri Sumolang, Kadiv Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Talaud.

Penyelenggara yang beritegritas memang harapan kita semua, terutama harapan masyarakat. Integritas Bawaslu sudah diatur dalam undang-undang kepemiluan, diantaranya UU No 17 Tahun 2019 tentang Pemilihan Umum dan diatur juga dalam Dewan Kehormatan Peyelenggara Pemilu.

Artinya bahwa kerja-kerja bawaslu selama pelaksaan Pemilu diawasi oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, bahkan diawasi juga oleh Masyarakat.

Agar mendapatkan penyelengara Pemilu yang berintegritas, dalam perekrutan Bawaslu Talaud selalu melakukan sosialisasi dengan masyarakat termasuk di daerah-daerah kepulauan, bahkan dipelosok desa-desa yang ada di kepulauan Talaud.

Selain perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan, Bawaslu Talaud pastikan perekrutan panitia pengawas kelurahan dan desa akan dilakukan dengan benar, sesuai aturan dan petunjuk teknis dari Bawaslu RI.

Bawaslu Talaud sekarang menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020, karena itu dalam setiap tahapan menjadi kewajiba bawaslu melakukan pengawasan.

Untuk menjaga integritas penyelenggara Bawaslu berharap masyarakat juga ikut melakukan pengawasan.